Minggu, 04 Desember 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


*Pengertian Kebudayaan

v  “Kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan dan rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar.” (Koentjaraningrat. 2003:72)
v  Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, kemampuan-kemampuan, serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Dengan kata kata lain, kebudayaan mencakup semuanya yang di dapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari sesuatu yang di pelajari dari pola-pola perilaku yang normatif. Artinya, mencakup segala-segala atau pola-pola berfikir, merasakan dan bertindak. (Dalam Sukanto 172-173)
v  Saya berbeda paham tentang pengertian kebudayaan itu dengan Prof. Koentjaraningrat, perbedaan itu adalah penjelmaan perbedaan paham saya dengan umumnya antropologi dan ilmu-ilmu sosial akademik konvensional. (STA dalam Alfian 1985:142)
v  Dalam pengertian sehari-hari, istilah kebudayaan sering diartikan sema dengan kesenian, terutama seni suara dan seni tari. Akan tetapi apabila istilah kebudayaan diartikan menurut ilmu-ilmu sosial, maka kesenian merupakan salah satunya saja dari kebudayaan. (Soerjono Soekanto 2004:172)

*Unsur-Unsur Kebudayaan
Sebelum membahas lebih jauh apa itu fungsi tujuh unsur kebudayaan universal. Perlu diketahui dulu, apa makna dari fungsi. Istilah fungsi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan ilmiah sering digunakan dalam berbagai arti yang berbeda. Fungsi dapat diartikan sebagai jabatan atau pekerjaan yang dilakukan. Fungsi juga dipakai dalam matematika, yaitu besaran yang berhubungan, jika besaran yang satu berubah, maka besaran lain ikut berubah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, salah satu makna fungsi adalah kegunaan suatu hal. Jadi, fungsi bisa diartikan sebagai hubungan kegunaan sesuatu hal dengan sesuatu tujuan tertentu.

Unsur Kebudayaan Universal
Dari beberapa pendapat yang ada tentang unsur kebudayaan universal, pendapat C. Kluckhohn yang sering dijadikan sebagai referensi. Pendapat C. Kluckhohn tentang tujuh unsur kebudayaan merupakan hasil inti sari dari pendapat-pendapat lainnya. Dalam karyanya yang berjudul Universals Categories of Culture, ia menjelaskan 7 unsur kebudayaan universal yang selanjutnya disebut cultural universals, yaitu sebagai berikut.
  1.  Sistem kepercayaan (sistem religi)
  2.  Sistem pengetahuan
  3.  Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
  4.  Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
  5.  Sistem kemasyarakatan
  6.   Bahasa
  7.   Kesenian

Urutan unsur-unsur kebudayaan di atas menurut Koentjaraningrat didasarkan pada mudah atau susahnya suatu unsur kebudayaan mengalami perubahan. Artinya, unsur kebudayaan yang ada pada nomor urut pertama dianggap sebagai unsur kebudayaan universal yang paling sulit berubah, sedangkan urutan yang terakhir merupakan unsur kebudayaan yang paling mudah berubah.


Sumber : http://www.scribd.com/doc/24331819/pengertian-kebudayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar